Eka Sastra Anggota DPR RI Fraksi Partai GOLKAR. Lahir 30 Juni 1979. Ia meraih sarjana Ilmu Ekonomi di Universitas Hasanuddin. Kemudian melanjutkan studi Magister Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia, dan saat ini sedang menyelesaikan program doctor di Institut Pertanian Bogor.

Ketika mahasiswa, Eka Sastra menghabiskan waktunya sebagai aktifis. Selain aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Eka juga terlibat di berbagai komunitas kemahasiswaan dan kepemudaan, termasuk kelompok diskusi dan kajian.

Eka sangat menggadrungi tokoh Amartya Sen. Baginya, pemikir ini tak hanya membuka pikirannya tentang ekonomi, tetapi argumennya begitu jernih mengenai keadilan, demokrasi dan kebebasan.

Selepas mahasiswa, Eka bekerja sebagai Tenaga Ahli Fraksi di DPR RI. Kemudian ia menggeluti bisnis, hingga PT Maradeka yang ia rintis, kini membawahi beberapa anak perusahaan.

Tahun 2014, Eka memajukan diri sebagai calon legislatif DPR RI di dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Tekadnya ini ia rangkai dalam metode kampanye yang inovatif. Ia menggalangan kalangan muda yang dinamai Baraya Eka Sastra. Melalui komunitas ini, ia menggerakkan program pemenangan, sekaligus edukasi politik, bantuan dan pemberdayan masyarakat. Kepada warga, komunitas ini menawarkan kartu Bestcard, sebuah layanan praktis dan multifungsi dalam bidang kesehatan, usaha, dan advokasi. Hasilnya tak mengecewakan, Eka berhasil meraih 74 ribu lebih suara. Sebuah angka di atas rata-rata.

Ketika menjadi anggota DPR, Eka menunjukkan komitmennya. Ia tak hanya tekun dalam tugas-tugas legislasi, tetapi rajin menyambangi konstituten, dari desa ke desa. Ia tak hanya menunaikan kewajiban, tetapi menjalankan tugas moralnya untuk terus melayani warga. Bersama Baraya Eka Sastra ia terus memprakarasai program-program fasilitasi warga, demi menstimulus akses atas keadilan dan pemberdayaan.

Salam Baraya!